Buku Literasi Digital (Materi Pendukung GLN)

Buku Literasi Digital (Materi Pendukung GLN) - Halo sobat websiteedukasi.com, pada postingan ini saya akan berbagi Buku Literasi Digital / Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang tentunya bisa anda unduh secara gratis.

Bangsa Indonesia merupakan yang besar, oleh karena itu harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup abad ke-21 melalui pendidikan yang terintegrasi, mulai dari keluarga, sekolah, sampai dengan masyarakat. Penguasaan enam literasi dasar yang disepakati oleh World Economic Forum pada tahun 2015 menjadi sangat penting tidak hanya bagi peserta didik, tetapi juga bagi orang tua dan seluruh warga masyarakat. 6 (Enam) literasi dasar tersebut mencakup literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan.

Pengembangan budaya literasi bangsa adalah melalui penyediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca anak khusunya di tahun pelajaran 2018/2019. Sebagai bagian penting dari penumbuhan budi pekerti, minat baca anak perlu dipupuk sejak usia dini mulai dari lingkungan keluarga. Minat baca yang tinggi, didukung dengan ketersediaan bahan bacaan yang bermutu dan terjangkau, akan mendorong pembiasaan membaca dan menulis, baik di sekolah maupun di masyarakat. Dengan kemampuan membaca ini pula literasi dasar berikutnya (numerasi, sains, digital, finansial, serta budaya dan kewargaan) dapat ditumbuhkembangkan.


Untuk membangun budaya literasi pada seluruh ranah pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bagian dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penumbuhan Budi Pekerti. GLN tidak didominasi oleh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi digiatkan pula oleh para pemangku kepentingan, seperti pegiat literasi, akademisi, organisasi profesi, dunia usaha, dan kementerian/ lembaga lain.

GLN diharapkan menjadi pendukung keluarga, sekolah, dan masyarakat mulai dari perkotaan sampai ke wilayah terjauh untuk berperan aktif dalam menumbuhkan budaya literasi. Untuk mendukung GLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional sebagai rujukan untuk mewujudkan ekosistem yang kaya literasi di seluruh wilayah Indonesia.

Penghargaan yang tinggi saya sampaikan kepada tim GLN dan semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini. Semoga buku ini tidak hanya bermanfaat bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) selaku penggerak dan pelakunya, tetapi juga bagi masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan dalam upaya membangun budaya literasi.

Selengkapnya, bagi anda yang belum memiliki Buku Literasi Digital / Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) bisa mengundunya melalui tautan link yang saya sematkan dibawah ini:

Buku Literasi Digital (Materi Pendukung GLN).pdf, Unduh

Demikian Buku Literasi Digital (Materi Pendukung Gerakan Literasi Nasional) yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Buku Literasi Digital (Materi Pendukung GLN)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel