RPP IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017  - Pada postingan ini saya akan berbagi perangkat pembelajaran terbaru yakni RPP IPS Jenjang SMP/MTs Kelas 9 Semester 2/ genap K13 Revisi 2017 yang bisa anda unduh secara gratis.

Pengembangan RPP Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 Kurikulum 2013 revisi terbaru dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP IPS kelas 9 k13 revisi terbaru 2017 disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.


Contoh RPP IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sekolah
:
SMP  N 
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Materi Pokok
:
3.1. Ketergantungan antar ruang berdasarkan konsep ekonomi
Kelas/ Semester

IX /Genap
Alokasi Waktu
:
2 X pertemuan ( 4 x 40 ‘ )

  A KOMPETENSI INTI

KI.1
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME,
KI.2
Memiliki karakter, jujur, dan peduli, bertanggungjawab,. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan . sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional
KI.3
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan: . ilmu pengetahuan, . teknologi, . seni, dan . budaya. Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI.4
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: . kreatif, . produktif, . kritis, . mandiri, . kolaboratif, dan . komunikatif melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri

B.KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
3.3 Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
3.1.1.   Menjelaskan pengertian ketergantungan dan ruang
3.1.2.   .Menjelaskan hubungan antar ruang dengan aktivitas manusia.
3.1.3.   Menjelaskan pengertian interaksi  antar ruang
3.1.4.   Menyebutkan   pelaku ekonomi
3.1.5.   Mendiskripsikan faktor – faktor produksi
2
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
4.3.1.Menganalisis ketergantungan produsen tahu tempe Indonesia terhadap Kedelai Import dari Amerika


C. TUJUAN PEMBELAJARAN
         Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :
§  Menjelaskan pengertian  ketergantungan dan ruang.
§  Menjelaskan hubungan antar ruang dengan aktivitas manusia.
§  Menjelaskan pengertian interaksi  antar ruang
§  Menyebutkan   pelaku ekonomi
§  Mendiskripsikan faktor – faktor produksi
Selengkapnya, Bagi bapak /ibu Guru kelas 9 yang membutuhkan RPP IPS Kurikulum 2013 Semester 2/ genap Revisi 2017 bisa mengunduhnya pada tautan di bawah ini.

RPP IPS Kelas 9 Semester 2 K13 Revisi 2017.docx, Unduh File
RPP IPS Kelas 9 Semester 1 K13 Revisi 2017.docx, Unduh File

Demikian RPP IPS Kelas 9 jenjang SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 terbaru yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. (Source : Progrmapendidikan.com )

0 Response to "RPP IPS Kelas 9 SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel